TIPS LULUS WAWANCARA KERJA




Wawancara kerja bukan hal baru dalam dunia kerja, dan bagi kalian yang sudah berkerja di perusahaan atau instansi, tentu pernah melaui proses ini. Saat wawancara akan terjadi proses bercakap – cakap, antara kalian sebagai pelamar kerja dan perwakilan dari perusahaan, atau instansi.
 Percakapan itu merupakan bagian dari seleksi kerja, guna mengetahui apakah anda adalah calon pekerja yang tepat. Harapan agar lulus wawancara kerja, kadang tidak sesuai dengan kenyataan. Masih banyak diantara kalian, yang mungkin pernah gagal dalam wawancara kerja dan akhirnya memupus mimpi berkerja di tempat yang diinginkan. 
Pada kesempatan ini penulis akan memberikan tips, agar lulus wawancara kerja bagi kalian yang pernah gagal saat wawancara kerja, atau bagi kalian yang sedang bersiap – siap menghadapi wawancara kerja.
1. Persiapkan fisik Dan Mental
Ketika fisik dan mental kurang maksimal saat wawancara kerja, kegagalan menanti di depan mata. Katakan pada diri sendiri SAYA AKAN BERHASIL. Kata – kata positif akan membuat anda percaya diri dan hindari untuk berkata sebaliknya.Yakinlah kata – kata positif adalah bagian dari doa kalian. Hindari terjaga sampai larut malam ketika esok hari kalian akan diwawancara, karena keletihan akan menyertai kalian dan konsentrasi pasti berkurang. Datanglah lebih awal 15 menit sebelum wawancara dimulai.

2. Kumpulkan Data Tentang Perusahaan/Instansi
Mengenal perusahaan atau instansi, yang anda harapkan untuk bergabung didalamnya adalah hal mutlak. Kumpulkan fakta – fakta dan satukan dalam bentuk data, karena semakin banyak yang kalian ketahui membuktikan kalian punya ketetarikan dan serius  pada tempat tersebut. Yakinlah bahwa hal itu akan membuat perusahaan atau istansi, memberikan penilaian positif pada kalian.

 3. Berkata Jujur
Saat diwawancari kalian akan ditanyai, dan setiap jawaban anda akan dinilai. Jujurlah saat mengambarkan diri kalian, dan usahakan jangan menyimpang dari hal  yang tidak berhubungan dengan pekerjaan misalnya,  mengambarkan kisah kelam percintaan kalian. Hal itu tidak nyambung sama sekali. Jawablah dengan jujur saat ditanyai, apa motivasi kalian ingin bergabung di instansi atau perusahaan. Berikan jawaban yang ada hubungan dengan pekerjaan, misalnya ingin mengembangkan kemampuan diri, dan sebaliknya hindari jawaban yang menunjukan harapan untuk kesenangan kalian, misalnya ingin meningkatkan harga diri di mata orang lain. 

4.Jangan Angkuh
Hindari sikap merendahkan pewawancara, walaupun anda lebih pintar darinya. Jangan menunjukan kesombongan, karena kalian bisa dinilai kurang mampu berkerja sama, sebagai kesatuan dalam tim.

5. Penampilan Terbaik Dan Perhatikan Sikap Tubuh Kalian
Kenakan pakian yang bersih dan sepatu yang tepat saat wawancara. Berikan senyum, salam dan usahakan untuk senantiasa menunjukan kontak mata saat berbicara. Mata adalah jendela hati, sedapat mungkin jangan beralih pandang dari pewawancara, karena akan menunjukan bahwa kalian kurang menghargai.

Semoga tips- tips ini berguna bagi kalian, dan percayalah tidak ada usaha yang sia - sia, jika kita ikhlas. Selamat mencoba !

0 Response to "TIPS LULUS WAWANCARA KERJA"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel