PENTINGNYA TES PSIKOLOGI BAGI PENDIDIKAN MERAIH PRESTASI


Pentingnya Tes Psikologi Bagi Pendidikan Meraih Prestasi

    Tes psikologi merupakan salah satu alat bantu dalam pemeriksaan psikologi yang telah dikenal dan dimanfaatkan dalam kehidupan masyarakat kita. Kondisi mental dan perilaku seseorang berdasarkan patokan psikologi dapat diketahui lewat tes psikologi.

  Dunia pendidikan turut menggunakan tes psikologi untuk memperoleh gambaran tentang karakteristik dan informasi penting yang menonjol dari siswa.Penulis akan memberikan gambaran tentang manfaat tes psikologi,sehingga bisa menjadi informasi penting bagi sekolah.Adapaun gambarannya sebagai berikut 

  1. Mengukur inteligensi, bakat,minat,kepribadian dan studi lanjutan siswa
  2. Memprediksi keberhasilan atau tingkat keberhasilan masing -masing siswa.
  3. Membantu siswa untuk mengenali kelebihan maupun kekurangan aspek - aspek psikologisnya.
  4. Membantu konselor untukmenyusun dan mempersiapkan metode konseling bagi siswa.
  5. Mencari,menemukan, dan mengumpulkan metode - metode pengembangan untuk meningkatkan potensi siswa.
     Tes psikologi yang dipergunakan hendaknya memenui standart yang harus dipatuhi agar layak sebagai alat ukur psikologi.Adapun standart yang harus dimiliki sebagai berikut :
  1. Harus valid. Tes psikologi harus mampu memberi gambaran tentang sesuatu yang diukur. Misalnya tes kepribadian harus mengukur kepribadian, bukannya mengukur inteligensi.
  2. Harus objektif. Tes psikologi dikatakan objektif bila tidk bias saat menetapkan score 
  3. Mudah digunakan.Tes psikologi hendaknya mudah diterapkan dan bila penggunaanya sulit maka tes itu mempunyai kelemahan.
  4. Komprehensif. Tes psikologi harus mampu menyelidiki banyak hal, semisalnya hendak mengukur prestasi ujian,maka tes harus mampu pula mengukur pengetahuan tentang hal - hal yang telah dipelajari dan apa saja yang membuat individu kurang mampu berspekulasi 

    Tes psikologi yang dilakukan oleh lembaga konsultasi psikologi hendaknya dapat dipertanggung jawabkan kepada pihak sekolah,orang tua siswa dan guru - guru.Penulis sebagai psikolog beranggapan bahwa pertanggung jawaban atas hasil psikotes merupakan keharusan dalam profesi ini, sebab jika seorang psikolog menghindari pertanggung jawaban, maka kecintaannya pada profesi ini perlu dipertanyakan. 

   Orang tua akan memiliki informasi terkait gambaran psikologis anak - anaknya dan memiliki kesempatan dari jauh hari menyiapkan strategi bagi perkembangan masa depan anaknya. Ketika pihak sekolah dalam hal ini wali kelas mengetahui hasil tes psikologi anak didiknya, maka tes psikologi dapat digunakan sebagai panduan untuk mendampingi setiap siswa mencapai prestasi yang lebih baik.

    Idealnya hasil tes psikologi dapat digunakan pihak sekolah untuk menyusun RKS/RKM dan RKS/N guna mencapai prestasi yang diinginkan. Pelaksanaan tes psikologi yang dilakukan sekolah sangat dipengarui oleh ketersediaan dana yang mencukupi sehingga, diharapkan data dari hasil psikotes dapat dipergunakan untuk mendukung siswa secara utuh.

  Sekolah yang mampu mengoptimalkan hasil tes psikologi memiliki kesempatan yang lebih baik untuk meraih prestasi, namun sangat disayangkan hasil tes psikologi sering hanya dijadikan arsip tanpa digunakan untuk melihat kelebihan siswa. 

   Semoga informasi tentang manfaat tes psikologi bagi pendidikan guna meraih prestasi sekolah dapat berguna bagi pembaca sekalian.Terima kasih

0 Response to "PENTINGNYA TES PSIKOLOGI BAGI PENDIDIKAN MERAIH PRESTASI"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel