TIPS MERAWAT ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS


Anak berkebutuhan khusus
Anak adalah kebanggan orang tua dan membesarkannya adalah tanggung jawab mulia, termasuk anak yang berkebutuhan khusus (ABK).Perlu kesabaran,kekompakan serta keterampilan untuk membesarkan anak berkebutuhan khusus.Banyak pertanyaan yang terlintas saat mengetahui buah hati berkebutuhan khusus. 
Bagaimana cara merawatnya?Bagaimana kehidupannya kelak?dan masih banyak pertanyaan yang menyertai.Berikut ini akan disajikan tips merawat buah hati yang berkebutuhan khusus.

1.  Hadapi Kenyataan
Ketika mengetahui buah hati berkebutuhan khusus, tentunya sebagai orang tua akan terkejut dan merasa sedih Sering orangtua berpikir bahwa itu adalah ganjaran atas dosa masa lalu. Berhenti untuk berpikir diluar kemampuan anda dan yakinlah tidak ada yang sia – sia dari rencana – NYA.

2.  Konsultasi Dengan Tenaga Medis atau Psikolog
Mendapat bantuan profesional merupakan langkah tepat untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak berkebutuhan khusus. Orang tua yang aktif melakukan konsultasi dengan tenaga profesional membuktikan kepedulian terhadap masa depan buah hati.


3.  Satukan Tekad
Bersatu sebagai pasangan yang saling menguatkan. Buat rencana dan ambil keputusan bersama –sama atas apa yang akan dilakukan pada anak anda.Kekompakan sebagai pasangan akan diuji, namun yakinlah semua akan indah pada waktunya.

4.  Berikan Pengawasan Sejak Dini
Mengetahui tahapan perkembangan anak berkebutuhan khusus merupakan keharusan bagi orang tua. Berikan pengawasan sejak dini, sehingga  kewaspadaan orang tua akan terbentuk, dalam menyikapi pertumbuhan mental dan fisik, yang tidak mengalami perubahan dalam kurun waktu yang lama.


5.  Berikan Kesempatan Yang Sama Seperti Anak Normal
Setiap anak mempunyai hak sama untuk berperan.Membedakan anak berkebutuhan khusus artinya menginkari hak mereka. Berikan kesempatan,dan jangan membedakan mereka. Yakinlah ada rencana yang terbaik dari Tuhan yang empunya hidup.

6. Membiasakan Buah Hati Bersosialisasi Dengan Lingkungan Sekitar
Membatasi anak berkebutuhan khusus untuk mengenal hal lain diluar dirinya merupakan kesalahan yang cukup fatal. Dengan bersosialisasi membantu buah hati meraih identitas diri baik secara fisik maupun mental.Mereka akan belajar tentang kehidupan dan mengembangkan diri dalam masyarakat sosial.

7. Mempererat Kedekatan Emosi Dengan Anak Anda  
Kebutuhan mendapatkan rasa sayang, aman dan diakui merupakan kebutuhan emosi, dan setiap anak membutuhkannya termasuk anak berkebutuhan khusus. Hubungan emosi yang erat antara orang tua dengan buah hati yang berkebutuhan khusus, akan menghasilkan anak – anak yang memiliki pribadi yang percaya, dan dekat dengan orang tuanya.


8.  Ajarkan Kemandirian
Sejak dini ajarkan buah hati yang berkebutuhan khusus, untuk mengusurusi dirinya, mulai dari hal – hal yang sederhana agar mereka tidak tergantung pada orang lain.Latilah mereka untuk merawat diri, guna melakukan aktivitas hariannya.


9. Kenali Kebutuhan Dan Kebiasaan Anak
Kondisi anak berkebutuhan khusus yang berbeda satu dengan yang lain, membuat mereka memliki kebutuhan dan kebiasaan yang berbeda pula. Mengenali kedua hal tersebut akan membuat orang tua menjadi terbiasa.

10.Belajar Telaten
Sabar dan teliti perlu ditunjukan orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Ketelatenan adalah proses belajar jangka panjang, sebagai modal untuk merawat buah hati.

Semoga tips ini mampu membantu orang tua merawat anak berkebutuhan khusus dan SELAMAT MENCOBA.

0 Response to "TIPS MERAWAT ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel