TIPS LULUS TES PSIKOLOGI MASUK POLISI DAN TNI



Persiapan menghadapi tes psikologi menyita tenaga dan pikiran. Ketika proses rekrutmen karyawan, promosi jabatan, peminatan siswa atau penjaringan calon anggota POLRI dan TNI, tes psikologi disajikan sebagai bagian dari proses mengumpulkan data tentang kecerdasan, kepribadian, maupun sikap kerja seseorang.
Harapan untuk lulus tes psikologi saat penjaringan menjadi anggota POLRI dan TNI sering tidak sesuai kenyataan, karena kurangnya persiapan sebelum menghadapi tes. Menyikapi keadaan tersebut, penulis mencoba memberikan tips – tips bagi kalian yang mencoba mengabdi di kedua institusi tersebut.
1. Tanamkan Motivaasi Dalam Diri Dan Fokus Pada Tujuan Anda.
Motivasi adalah dorongan atau kekuatan yang mengarahkan individu untuk mencapai apa yang diinginkan. Motivasi yang disarankan oleh penulis adalah, motivasi yang datang dari dalam diri kalian sendiri. Menjadi abdi negara di kedua institusi tersebut adalah suatu kehormatan dan bulatkan tekad kalian untuk melebur dalam semangat pengabdian. Yakinlah jika itu tekatmu dan bukan sekedar ikut arus dari orang lain.
2. Persiapkan Fisik Dan Mental Yang Prima
Tes psikologi adalah pertarungan pengalaman, fisik dan mental. Rentetan tes psikologi melelahkan oleh karena itu, disiplinkan diri, olahlah raga teratur, istirahat yang cukup dan manjakan diri kalian seperlunya dengan relaksasi untuk menyeimbangkan  jiwa kalian kalian.
3. Simulasi Sederhana
Tes psikologi menuntut konsentrasi yang tinggi pada rentetan yang tes yang bervariasi waktu dan instruksinya. Terdapat tes kecerdasan yang mengukur kecerdasan umum,praktis,verbal dan abstrak dan pada jedah waktu berikutnya dihadapkan dengan tes kepribadian yang mengupas tuntas kepercayaan diri, adaptasi dan pengendalian diri kalian. Rentetan tes psikologi ini akan dilanjutkan dengan pengukuran minat, dimana aspek pelayanan sosial, kebenaran, demokrasi, humanisme dari kalian diungkap tuntas.
Pada akhirnya sikap kerja kalian akan diukur, sebagai bentuk upaya menemukan seberapa cepat, teliti dan bagaimana daya kalian saat melaksanakan suatu pekerjaan. Penulis mau mengambarkan bahwa rentetan ini cukup menyiksa diri, bagi kalian yang kurang berinisiatif untuk memindahkan kerumitan pada suasana latihan yang berulang – ulang.Diharakan kalian mau berlatih mengerjakan soal – soal, pada berbagai situasi lingkungan dan kondisi fisik yang berbeda, semisalnya berlatih mengerjakan soal dalam situasi yang gaduh, letih dan panas atau kondisi sebaliknya. Lihat perbandingannya dan abil faedah dari proses latihan itu. Pada akhirnya saat kalian dihadapkan dengan situasi tes yang sebenarnya, kalian akan terbiasa karena telah menempah diri dalam simulasi.
4. Persiapkan Kelengkapan Peralatan Tes
Persiapkan dari jauh – jauh hari perlengkapan seperti pensil dan rautannya, bolpoin,pena dan dan siapkan cadangan untuk berjaga – jaga. Hal ini bertujuan agar selama tes psikologi berlangsung, kalian tidak mengalami hambatan yang berarti karena keterbatasan  atau ketiadaan sama sekali. Setiap orang akan sibuk dengan soalnya masing – masing dan akan ada pengawasan yang ketat selama tes berlangsung.
5.  Disiplin waktu
Saat akan dilangsungkan tes psikologi di keesokan hari, usahakan membatasi diri untuk tidak tidur larut malam. Hal ini bertujuan agar pada hari yang ditentukan, kalian bisa hadir lebih cepat ditempat pelaksanaan, minimal 15 menit sebelum tes psikologi diadakan. Dengar dan pahami instruksi dengan  serius, dan tepati batas waktu yang disediakan oleh pengawas. Setiap tes memiliki waktu yang bervariasi dan wajib ditaati peserta tes.
6. Selalu fokus
Selama tes psikologi berlangsung pusatkan perhatian dan hindari untuk menyontek jawaban dari kawan kalian. Konsentrasi pada lembar soal dan lakukan apa yang diperintakan.

Semoga dengan tips – tips ini kalian bisa berhasil lulus tes psikologi. Jadi diri sendiri dan optimis, niscaya berhasil dalam tes psikologi. Salam hormat

0 Response to "TIPS LULUS TES PSIKOLOGI MASUK POLISI DAN TNI"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel