Kopi Arabika Bajawa,Restu Lelehur,1.000 Harapan

Tanaman Kopi
Kopi Arabika Bajawa,Restu Lelehur,1.000 Harapan - Aktivitas ngeblog dimulai sedikit berbeda kali ini.Segelas kopi Arabika menjadi penyemangat,ketika gerimis semakin mempercepat kelam dikotaku tercinta Bajawa.Aroma (fragrance) seduhan kuat bernuansa bunga dipadu tingkat kekentalan yang sedang memberi bukti bahwa kopi Arabika Bajawa tiada duanya.

Tanaman kopi sejatinya berasal dari Abyssina,sebuah daerah lawas di Afrika,yang saat ini mencakup wilayah Etiopia dan Eritrea.Popularitas minuman kopi mulai menyebar ke Eropa pada abad ke-15,setelah mereka membeli kopi dari bangsa Arab.Tanaman kopi lantas berhasil dibudidayakan oleh orang Eropa di Amerika dan Asia.Indonesia termasuk wilayah yang tidak luput dari bidikan bangsa Eropa untuk membudidayakan kopi,termasuk kopi Arabika.

Mengapa disebut kopi Arabika?.Dikutip dari sebuah sumber Arabika mengacu sebuah daerah dataran rendah di Arab,dimana pada abad ke-7 kopi dibawah ke daerah itu.Ekstrak kopi arabika yang diseduh dengan air panas sebagai minuman penyegar pertama kali dipopulerkan oleh bangsa Arab.

Kopi Arabika Bajawa mulai dibudidayakan sejak tahun 1977 dan  kopi Arabika hasil olahan kelompok tani di Bajawa masuk kategori specialty coffe karena cita rasa khas dan unik.Keunikan ini dimulai dari dataran tinggi tempat tumbuh kopi Arabika Bajawa.Memiliki iklim kering,dengan curah hujan sekitar 2.500 mm per tahun dan musim kering yang berlangsung pada bulan Juni sampai Oktober menjadi surga kecil tanaman kopi Arabika.

Kopi Arabika Bajawa,menjadi tanaman favorit bagi masyarakatnya,dan telah mempunyai lebel sendiri yaitu Arabika Flores Bajawa (AFB).Tanaman ini mendapat restu dari lelehur, dan tentuhnya Tuhan yang empunya alam semesta untuk memberi 1.000 harapan bagi kami orang Bajawa.

Harapan untuk mengurangi beban ekonomi,harapan menghantar anak pada keberhasilan pendidikan dan masih banyak harapan lagi.Mungkin penulis butuh waktu tersendiri untuk merenung dibawah naungan rimbun pohon kopi untuk menjabarkan harapan - harapan yang lain biar tergenap 1.000. wkwkwkwk

Namun yang pasti dikalah bijinya telah memerah tanda matang dan siap dipetik,ada harapan untuk segera menjadikannya dalam bentu pundi - pundi rupiah guna menyambung hidup atau menyukseskan anak,saudara atau keponakan kami menyelesaikan pendidikannya.

Harapan tentang kenikmatan kopi Arabika Bajawa bisa anda dapatkan jika disangrai pada tingkat sedang,karena akan menghasilkan cita rasa utama berupa aroma bubuk kering yang jika diseduh sangat khas,rasa yang enak,tingkat keasaman sedang,serta ada kesan rasa manis yang kuat.

Dikutip dari Cafebrick.co.id aroma khas kopi Arabika Bajawa mampu merilekskan tubuh dan pikiran.Selain itu Kopi Arabika Bajawa dapat menjaga stamina dan menurunkan stres. Faktanya stres bisa terjadi pada siapa saja,dan reaksi stres yang berkembang bisa menjadi gangguan psikologi yang dikenal post Traumatic Stress Disorder(PTSD).


Pada akhirnya secangkir kopi bagimu mungkin memberi kesan,tetapi bagi kami masyarakat Bajawa ada 1.000 harapan sejak masih dalam bentuk buah.Terima kasih telah membaca tulisan artikel yang berjudul Kopi Arabika Bajawa,Restu Lelehur,1.000 Harapan.


0 Response to "Kopi Arabika Bajawa,Restu Lelehur,1.000 Harapan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel