KONSULTASI MENTAL BERDAMAI DENGAN STRES BAGI CALEG YANG GAGAL


Pemilihan umum merupakan perhelatan akbar bagi suatu bangsa, dan bagi bangsa Indonesia terbuka peluang dan harapan menjadi lebih baik atas peristiwa bersejarah tersebut. 
Pemilu juga memberikan peluang bagi setiap warga negara untuk unjuk kemampuan mencalonkan diri menjadi wakil rakyat.
 Harapan bahwa sekiranya usaha yang dikerahkan selama masa kampanye bisa mendatangkan keberhasilan, sehingga lolos menjadi wakil rakyat dalam lembaga legislatif sering tidak sesuai kenyataan. Kegagalan bisa menjadi puncak dari usaha yang dilakukan, namun yang terparah adalah terlena dalam kegagalan.
Berbicara tentang kegagalan menjadi caleg legislatif, erat kaitannya dengan stres yang akan dialami. Menurut ilmu psikologi, stres adalah suatu kondisi ketegangan yang mempengarui emosi, proses berpikir dan kondisi individu, dan tipe stres yang umumnya terjadi adalah Frustrasi. 
Kondisi frustrasi dikarenakan adanya harapan yang didinginkan akan tetapi yang terjadi tidak sesuai dengan yang diharapkan. Ketika memutuskan menjadi caleg, pengorbanan dalam bentuk pikiran, waktu, tenaga, dan materi merupakan hal yang tidak terelakan. Kondisi ini akan sangat mengecewakan jika pada kenyataan mendapati diri gagal.
Solusi yang ditawarkan dalam upaya membantu para calon anggota legislatif yang gagal dan mengalami stres adalah dengan terapi psikologi. Sedangkan bagi mereka yang pada kondisi depresi akan diberikan obat antidepresan oleh psikiater. Terapi psikologi dimaksudkan untuk memperbaiki akal sehat dari seorang klien, yang menekankan pada usaha mengubah cara berpikir dan beradaptasi, semisalnya ketika seorang caleg yang gagal memahami kegagalan sebagai sesuatu yang sangat buruk, melalui terapi psikologi cara yang bersangkutan berpikir diubah. 
Harapannya agar caleg tersebut mampu berpikir bahwa kegagalan adalah hal yang lumrah dalam kehidupan, dan kegagalan tidak lagi dipikir buruk olehnya. Sedangkan terapi dengan obat bertujuan mengembalikan fungsi normal otak, sehingga diharapkan penyajian obat dapat mengembalikan keseimbangan.
Terlepas dari solusi yang ditawarkan, dianjurkan kepada para caleg untuk belajar mengelola stres, walaupun tidak semua orang atau para caleg yang berpotensi gagal, mampu melakukannya. Lebih baik menjadi orang bodoh yang mau belajar mengelola stress dari pada tidak sama sekali, dengan harapan bisa menjauhi gangguan jiwa. Kiatnya adalah dengan belajar berpikir positif dan berdamai menerima kegagalan.
 Jika telihat tanda – tanda stres, dapat penulis sarankan untuk melakukan rileksasi seperti melakukan meditasi, aktifitas fisik yang menguras tenaga dan beribadah sesuai agama dan kepercayaan. Hal lain yang tidak penting adalah kurangi berselancar dimedia sosial.
Pemilu memenangkan pikiran, hati juga emosi banyak orang. Pilihan menjadi pemenang adalah harapan, namun tidak semua harapan bisa menjadi kenyataan. Berdamai dalam stres setidaknya memberikan pembelajaran, bahwa tidak semua orang bisa merasakan seperti yang anda rasakan dan yakinlah.... Tuhan tidak mungkin memberikan cobaan diluar batas kemampuan seseorang.


0 Response to "KONSULTASI MENTAL BERDAMAI DENGAN STRES BAGI CALEG YANG GAGAL"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel