KEPRIBADIAN GANDA (PENYEBAB,CIRI – CIRI & SOLUSI)


Kepribadian Ganda
       Pertama kali melihat judul tulisan ini, mungkin anda beranggapan kepribadian ganda adalah munculnya dua karakter berbeda. Hal itu tidaklah salah, tetapi pada kenyataan ada beberapa individu yang memiliki puluhan identitas.

Kepribadian ganda merupakan kelainan psikologi yang awalnya disebut multiple personality disorder dan sekarang telah mengalami perubahan nama yaitu dissociative identity disorder. Kepribadian ganda (dissociative identity disorder) adalah kondisi kepribadian seseorang yang terbagi menjadi dua atau lebih kepribadian berbeda – beda. Kepribadian utama dapat diambil alih oleh salah satu kepribadian yang terperangkap dalam diri individu.

KASUS – KASUS KEPRIBADIAN GANDA
Pada kasus individu yang memiliki kepribadian ganda, masing – masing kepribadian mempunyai ingatan dan sifat yang khas. Berikut ini penulis akan sajikan beberapa contoh kasus individu dengan kepribadian ganda yang pernah muncul, menjadi perbincangan dan ada beberapa yang kemudian menjadi inspirasi pembuatan film.
1.    Shirley Ardell Mason.
Anda mungkin pernah menonton film Sybil yang dirilis pertama kali tahun 1976 dan di produksi ulang tahun 2007. Film ini menceritakan seorang perempuan yang mengaku memiliki 16 kepribadian. Psikolog yang menangani wanita ini, menyebutkan bahwa yang bersangkutan mengembangkan kepribadian dengan umur dan sifat yang bervariasi sebagai akibat dari siksaan fisik dan seksual yang pernah dipeoleh dari ibunya. Dua dari total kepribadiannya bernama Sid dan Mike, serta ada kepribadian yang berkewarganegaraan Perancis atau masih bayi.
2.    William Stanley Milligan.
Individu ini lebih populer dengan nama Billy Milligan dan kisah hidup dirinya dengan kepribadian ganda telah di filmkan dalam thriller split yang tahun 2016. Billy Milligan pernah menggemparkan Amerika Serikat di tahun 70-an karena bebas dari penjara, dimana sebelumnya Billy merupakan tersangka beberapa perbuatan kriminal.Billy adalah tersangka pertama yang bebas karena diagnosa para ahli mengalami kepribadian ganda.Billy mengatakan bahwa tindak kejahatan berupa pencurian, penyerangan serta pemerkosaan dilakukan oleh seorang wanita lesbian bernama Adalana dan wanita itu hidup dalam dirinya. Billy mempunyai 24 kepribadian, menurut hasil tes yang diperoleh. Billy harus menghabiskan 10 tahun di institusi kejiwaan sebagai ganti  hukuman yang diterimanya. Billy meninggal tahun 2014 dipanti perawatan Ohio setelah dilepaskan pada tahun 1988.
3.    Louis vivet
Seorang pria kelahiran Paris bernama Louis Vivet (1863) merupakan orang pertama yang didiagnosis mengalami kepribadian ganda. Louis merupakan anak dari seorang wanita tuna susila yang mengabaikan dan memukulinya. Louis melakukan kejahatan sejak usia delapan tahun, ditangkapp beberapa kali lalu dimasukan ke penjara sampai usianya 18 tahun. Gangguan kepribadiannya diduga dilakukan sejak usia 17 tahun, saat seekor ular hampir mengambil nyawanya ketika dirinya menjadi pekerja di perkebunan anggur. Louis sering mengbiskan waktu dirumah sakit dari tahun 1880 sapai 1881. Didalam rumah sakit, yang bersangkutan mendapat perawatan kejiwaan, dan oleh dokter yang merawatnya louis didiagnosa mempunyai 10 kepribadian. Kepribadiannya yang bebeda – beda itu memiliki sifat dan kisah hidup berbeda pula. Kisah Louis dijadikan inspirasi oleh Robert Louis Stevenson dalam novel klasik karangannya yang berjudul The Strange Case Of Dr. Jekkyl and Mr. Hyde.
4.    Truddi Chase
Kasus kepribadian ganda yang dialami oleh Truddi termasuk unik, karena kepribadian dalam dirinya tidak saling berbenturan.Kepribadian dalam dirinya saling menyadari satu dengan yang lainnya. Berbeda dengan kasus kepribadian ganda pada individu lain, dimana kepribadian yang ada dalam diri mereka saling berbenturan. Trudi beranggapan kepribadian lain dalam dirinya, merupakan rekan yang melaui berbagai hal bersamanya, dan Truddi menghargai keberadaan kepribadian itu. Trudi oleh psikiaternya didiagnosis mempunyai 92 kepribadian, dan kepribadian termuda bernama Lamb Chob berusia lima tahun dan yang tertua bernama Ean yang berusia 1.000 tahun yang merupakan seorang filsuf berkebangsaan Irlandia. Bersama terapisnya Truddi menulis kisahnya berjudul When Rabbit Howl yang terbit tahun 1987 kemudian diadaptasi sebagai mini seri berjudul Voices Within pada tahun 1990.
5.    Chris Costner Sizemore
Penderita gangguan kepribadian ini adalah seorang wanita yang datang dari keluarga bahagia, namun ketika masih kecil yang bersangkutan melihat jasad pria yang dikenalnya ditarik dari selokan yang pada akhirnya membuat Chris mengalami trauma. Chris sudah dirawat selama 25 tahun oleh psikiater berbeda, sejumlah delapan orang dimana dirinya mempunyai 25 kepribadian. Setelah Dr.Tony Tsitos menangani Chris selama empat tahun, semua kepribadiannya bergabung menjadi satu dan hal ini terjadi padat tahun 1974. Kisah Chris kemudian digambarkan dalam sebuah buku karya Dr. Thigpen dan Hervey M.Cleckley berjudul The Three Faces Of Eve pada tahun 1975 dan kemudian diadaptasi untuk diangkat dalam film Joanne Woodward. Film ini berhasil meraih penghargaan aktris terbaik di academy award.
6.    Anastasia Wella
Merupakan seorang perempuan dari Indonesia yang pertama kali diagnosis memiliki sembilan kepribadian. Karakter – karakter yang dimiliki oleh Wella adalah Naura  yang merupakan karakter tempramen, Paula seorang ahli berhitung, Saraswati yang merupakan seorang model dan penari, Atin yang adalah sosok anak kecil, Andreas sosok pria yang suka melakukan tindakan kekerasan, Ravelin sosok anak milenial, Ayu sosok pandai sebagai penulis sastra, Bilqis yang pintar baca Al-Quran serta Wella sendiri sebagai karakter asli. Wella mengakui saat kecil dirinya mengalami siksaan dari orang tua dan tekanan dari lingkungan sekolah yang pada akhhirnya membuatnya trauma. Kisah Wella pernah diangkat di program Hitam Putih tanggal 17 April 2017.
CIRI – CIRI ORANG YANG BERKEPRIBADIAN GANDA

          Biasanya kepribadian ganda berkembang pada masa anak –anak, akan tetapi jarang terindentifikasi, hingga diketahui dimasa dewasa. Faktanya gangguan ini sering terjadi pada kaum perempuan, ketimbang pria. Berikut ini akan diberikan panduan untuk mengukur apakah seorang mengalami kepribadian ganda.

  1. Memiliki dua sikap atau lebih pada situasi yang berbeda. Hal ini tidak disadari oleh penderitanya akan tetapi dikeluhkan orang disekitarnya.
  2. Tiap kepribadian mempunyai pola pikir, cara bicara, jenis kelamin, usia bahkan asal yang berbeda.
  3. Ingatan dari orang yang mempunyai kepribadian ganda sering hilang. Penderita kepribadian ganda tidak mampu mengingat informasi penting tentang dirinya. 
  4. Orang yang mempunyai kepribadian ganda sering panik, cemas berlebihan, mudah marah, kelainan pada pola tidur berupa kesulitan tidur.   
  5. Memiliki ketakutan yang cenderung berlebihan, bahkan sesuatu yang tidak mereka ketahui penyebabnya.          

PENYEBAB KEPRIBADIAN GANDA
Berikut ini akan diberikan bukti – bukti penyebab individu memiliki kepribadian ganda.
  1. Trauma karena kekerasan fisik dan seksual yang dialami antara usia empat sampai enam tahun
  2. Riwayat gangguan kepribadian ganda dalam anggota keluarga sebelumnya.
  3. Sensitvitas yaitu orang yang mempunyai ambang batas rendah pada suatu trauma, kemungkinan besar lebih rentan memiliki kepribadian ganda.
SOLUSI
Sampai saat ini belum ditemukan obat khusus untuk menyembuhkan individu dengan kepribadian ganda, akan tetapi ada beberapa perawatan yang dapat diberikan.Antara lain :
  1. Terapi kognitif tingkah laku. Merupakan terapi yang berfungsi menganti pola pikir,perasaan dan tingkah laku penderita gangguan kepribadian.
  2. Terapi keluarga. Membantu keluarga yang memiliki anggota keluarga berkepribadian ganda untuk mengenali gejalah dan membiasakan diri.
  3. Hipnotis klinis. Metode ini mengabungkan relaksasi, konsentrasi dan pemusatan pikiran guna menerima perubahan kesadaran, membuat seseorang untuk apat mengali pikiran dan perasaannya
Demikian informasi ini disajikan, semoga anda mampu memahami gangguan kepribadian ganda.

0 Response to "KEPRIBADIAN GANDA (PENYEBAB,CIRI – CIRI & SOLUSI)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel