Ketakutanmu berlebihan,Mari Belajar Dari Kisah Ella Casano

Ketakutan Berlebihan
Ketakutanmu berlebihan,Mari Belajar Dari Kisah Ella Casano - Penyebab takutmu mungkin beda dengan penyebab takutku,tapi yang pasti kita takut karena ingin melindungi diri dari ancaman membahayakan.Menurut Wikipedia ketakutan selalu terkait dengan peristiwa di masa datang.Sedikit bergurau,mungkin hari ini anda dan saya adalah seorang pria sekaligus suami yang "takut" pada istri dan anak anda,karena takut tidak bisa memberikan perhatian dan kasih sayang,takut karena jika menduakan mereka,takut jika biaya pendidikan dan kesehatan anak tidak terpenuhi maka berbahagialah.wkwkwkwk

Kembali ke topik.Selain sedih,bahagia dan marah,takut adalah emosi dasar.Bahaya menanti anda bila ketakutan tidak pernah ada dalam diri.Faktanya bahwa sebagian dari kita memiliki ketakutan yang berlebihan,dibandingkan orang lain.Rasa takut berlebihan akan menghambat pribadii orang itu,untuk mencapai tujuan di masa depan.Hal buruk yang akan menimpah seseorang jika diliputi ketakutan yang berlebihan,adalah stres dan depresi.


Mungkin saat ini diantara pembaca yang terkasih diliputi ketakutan yang  berlebihan, mari kita bisa belajar dari seorang bocah berusia 12 tahun bernama Ella Casona.Dikutip dari DetikHealth.com (14/06/2019) bocah dari Connecticut, Amerika Serikat menggunakan cara unik untuk menghadapi ketakutannya terhadap suntikan infus Intravena.Ella didiagnosis menderita penyakit Autoimun Idiopathic Thrombocytpenia Purpura (ITP) yang mengharuskannya mendapat infus intravena di rumah sakit selama 6-8 minggu.Bisa anda bayangkan bagaimana sulitnya anak ini bertahan dengan pengobatan yang harus diterimanya.Infus adalah hal yang ditakutkan oleh Ella,namun berbekal ide membuat kostum dari boneka yang digunakan untuk menyembunyikan infus,gadis kecil ini berhasil membuat Medi Teddy pertamanya yang berasal dari boneka binatang dan lem panas.Singkatnya,Ella membuat infus tidak terlalu menakutkan baginya,dan yang pasti kreativitasnya mengalahkan ketakutan.  

Ketakutan adalah hal yang wajar,dan menjadi tidak wajar jika takut berlebihan.Ketakutan berlebihan akan menyebabkan seseorang khwatir berlebihan,membuatnya tertekan dan mungkin saja mencoba bunuh diri,menjadi pilihan terakhir untuk lari dari depresi
.
Baca Juga:Belajar Dari Kasus Percobaan Bunuh Diri Artis Korea Goo Hara.Penyebab,Gejalah dan Pencegahannya

Rasa takut bisa diatasi.Mengetahui cara menghilangkan rasa takut dari awal akan sangat membantu. Berikut cara-cara yang dapat digunakan untuk mengatasi rasa takut berlebihan.

  1. Sadar kapan rasa takut itu muncul.Ini adalah hal pertama untuk keluar dari ketakutan.Menyadari bahwa apapun bentuk ketakutan berlebihan yang sedang anda alami,pada akhirnya tidak membawa dampak kebaikan ataupun memberi anda kerugian dikeseharianmu. 
  2. Berpikir Positif.Pikiran bisa menjadi obat mujarab untuk melepaskan anda dari ketakutan berlebihan.Tentuhnya pemikiran yang positif.Anda harus logis memandang bahwa ketakutan berlebihan yang sedang ada rasakan,adalah hal yang bisa didamaikan,sekaligus dihilangkan.Pada akhirnya anda akan kuat,tidak putus asa dan pada akhirnya  semua akan baik - baik saja.
  3. Meditasi.Rasa takut ditandai jantung berdegub kencang,keringat dingin,gemetaran, dan pernapasan lebih cepat dari biasanya.Buat tubuh anda nyaman dengan melakukan meditasi.Lepaskan semua hal yang membebani.
  4. Terapi Kognitif.Teknik ini akan mengurangi rasa takut berlebihan dengan cara mengali pikiran,perasaan,dan cara pandang orang yang sedang diliputi ketakutan berlebihan dan membuatnya menyadari sumber ketakutannya.Pada akhirnya seseorang yang takut berlebihan akan diajarkan cara mengontrol pikiran dan perilaku  agar lebih santai.
  5. Pelepasan Emosi.Perlu pengawasan untuk melakukan hal ini,agar terkontrol.Alam bawah sadar yang menyimpan emosi, perlu saluran dan nyatakan atau bertindaklah.Hal ini bisa menjadi manajemen stres untuk menghilangkan ketakutan berlebihan
Tidak ada yang abadi dalam kehidupan ini,termasuk ketakutan yang berlebihan.Ella Casano bocah yang diceritakan diatas, mampu membuktikan bahwa dirinya tidak mau larut dalam ketakutan.Mungkin saat ini anda dalam situasi yang lebih tragis dari Ella (jika anda menyerah untuk kalah menghadapi ketakutan berlebihan). semoga tulisan sederhana ini  membantu anda. 

Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Ketakutanmu berlebihan,Mari Belajar Dari Kisah Ella Casano.

0 Response to "Ketakutanmu berlebihan,Mari Belajar Dari Kisah Ella Casano"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel