Belajar Dari Kasus Percobaan Bunuh Diri Artis Korea Goo Hara.Penyebab,Gejalah Dan Pencegahannya

 
Belajar Dari Kasus Percobaan Bunuh Diri Artis Korea Goo Hara
Pengemar K-pop dikejutkan dengan berita percobaan bunuh diri yang dilakukan artis Goo Hara.Mantan personil KARA ini ditemukan di rumahnya di cheongdam setelah berusaha mengakhiri hidup, dan kejadian menarik banyak simpati masyarakat di korea selatan.Artis kelahiran 13 Januari 1991 ini, pertama kali ditemukan manajernya dalam keadaan tidak sadarkan diri dikamar penuh asap, lalu dilarikan ke rumah sakit.Goo Hara diduga menunjukan tanda - tanda depresi, seperti apa yang diungkapkan oleh manejernya. 

Percobaan bunuh diri adalah tindakan yang dilakukan seseorang untuk menghilangkan nyawanya sendiri.Kasus depresi yang terjadi pada artis Goo Hara, sering kita saksikan atau temui dalam kehidupan sehari - hari.Penulis akan mencoba terlebih dahulu memberikan gambaran tentang dinamika psikologis pada pelaku percobaan bunuh diri, berdasarkan teori psikoanalisis dan paradigma kognitif.Dari teori psikoanlisis Freud menyatakan bahwa tujuan dari kehidupan adalah kematian, oleh karena itu muncul dorongan agresif untuk mempertahankan ego,dengan cara menyalurkan insting kematian yang sifatnya merusak ke objek luar, dan merubahnya menjadi tindakan yang bisa diterima lingkungan.Hal ini bertujuan menyalurkan insting kematian dari dalam ke luar dirinya, yang menyebabkan agresi berbalik kedalam dirinya dan jika tidak kuat orang tersebut akan bunuh diri.Hal ini oleh Freud disebutkan sebagai fase depresi.

Pandangan kognif beranggapan bahwa cara berpikir yang salah terhadap dirinya,sehingga cenderung menyalahkan diri sendiri menyebabkan terjadinya depresi.Percobaan bunuh diri dianggap sebagai solusi terhadap masalah dan pada kejadian yang menimpa Goo Hara bisa jadi dipicu dari ketidak mampuan dirinya menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya, sebagai imbas dari persoalan dengan mantan kekasihnya.Lebih lanjut penulis akan mencoba memberikan gambaran tentang apa penyebab seseorang mencoba bunuh diri?apa gejalah - gejalahnya dan bagaimana cara pencegahannya?
Penyebab
WHO pada tahun 2015 lalu, menyatakan bahwa depresi merupakan faktor tertinggi penyebab seseorang malakukan bunuh diri.Selain itu kekerasan psikologi seperti bully termasuk cyberbullying ,kekerasan seksual, kehilangan orang yang dicintai atau dipenjara bisa menjadi pendorong seseorang mencoba mengakhiri hidupnya.
Gejalah
Seseorang yang memiliki niat melakukan percobaan bunuh diri, akan menujukan perilaku yang tidak biasa.Menulis pesan, kelihatan cemas dan gelisah, terjadi perubahan pada kebiasaan makan dan tidur,kehilangan minat pada sesuatu yang sebelumnya disukai merupakan gejalah yang dimunculkan oleh seseorang yang mempunyai niat mengakhiri hidupnya. Belajar dari kasus Goo Hara, dirinya mengunggah salam perpisahan dipostingan instagram miliknya.Hal ini mengambarkan dirinya tidak sanggup lagi berjuang dengan depresi yang dialami.
Pencegahan
Mencegah lebih baik daripada mengobati pepatah ini semakin bermakna jika melihat kasus-kasus percobaan bunuh diri. Alangkah bijaknya kita mengetahui bahwa menjadi pendengar yang baik akan menjadi salah satu solusi mencegah percobaan bunuh diri.Pada kenyataan ketika kita mendapati ada orang yang mencoba hendak bunuh diri, maka kita bukan menjadi pendengar yang baik, tetapi sebaliknya menjadi pengerutu terbaik. Ajak bicara dari hati ke hati,tanyakan apa alasanya menunjukuan keinginan bunuh diri. Berikan rasa sayang pada mereka dalam bentuk perkataan dan perbuatan dan jangan pernah abaikan perasaannya, sekalipun itu sepele.Ketika segalah upaya pencegahan yang coba ditunjukan dianggap tidak berjalan dengan baik, maka diperlukan pendampingan lebih lanjut oleh tenaga profesional.Psikolog atau psikiater bisa menjadi pilihan selanjutnya.

Kejadian yang menimpah Goo Hara bisa menjadi pelajaran berharga sehingga tidak terjadi lagi pada orang yang kita cintai, baik itu keluarga atau kawan - kawan kita. Obat sesungguhnya adalah kesedian menunjukan kasih sayang untuk merubah kerumitan yang dialami oleh seseorang yang hendak mengakhiri hidup sendiri, menjadi kebahagiaan bersama, serta tidak menambah duka sehingga mereka gagal bertahan hidup.Sekian
   
     

0 Response to "Belajar Dari Kasus Percobaan Bunuh Diri Artis Korea Goo Hara.Penyebab,Gejalah Dan Pencegahannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel