TIPS – MELANJUTKAN KULIAH DI LUAR PULAU



Melanjutkan Kuliah
Setelah menyelesaikan pendidikan dijenjang SMA/SMK, mungkin diantara adik – adik memiliki niat untuk melanjutkan kuliah diluar daerah kalian. Harapan bisa berkuliah dengan lancar, sering tidak sesuai dengan kenyataan, dikarenakan kurangnya persiapan. 
Agar adik – adik memiliki persiapan sebelum memutuskan berkuliah diluar pulau, penulis akan memberikan tips – tips yang dapat kalian gunakan
  1. Mencari informasi lengkap tentang daerah tujuan. Sebelum berangkat kedaerah baru tujuan adik - adik untuk berkuliah, carilah sebanyak mungkin informasi tentang daerah tersebut. Gunakan media elektronik  dan cetak atau bertanya pada kenalan, atau keluarga yang pernah menempuh pendidikan dan menetap didaerah tujuan kalian. Temukan informasi tentang kampus – kampus diwilayah tujuan kalian, kenali tempat kos didekat kampus serta kondisi dan budaya didaerah baru tujuan kalian.
  2. Cari tau apakah ada keluarga dan kenalan didaerah tujuan kalian. Sebagai pendatang baru nantinya, sebaiknya mendapatkan informasi tentang siapa saja saudara, atau kenalan yang saat ini masih berdomisili di daerah tujuan kalian. Hal ini bertujuan agar didaerah baru nantinya, adik – adik tidak  merasa sendirian dan pastinya adik – adik membutuhkan mereka untuk memperjelas lagi informasi yang telah kalian peroleh. Yakinlah bahwa pengalaman dan pengetahuan mereka, yang saat ini menetap di daerah baru tujuan kalian, cukup mampu melengkapi informasi awal yang pernah kalian telusuri.   
  3. Siapkan dokumen penting untuk persyaratan kampus. Ketika mendaftar di perguruan tinggi, kalian harus menyerahkan berkas – berkas persyaratan. Siapkan fotokopi ijazah SMA atau sederajat, bagi kalian yang belum mendapatkan ijazah siapkan surat keterangan lulus yang ditandatangani kepala sekolah serta dilengkapi pas foto baru dan cap sekolah, kartu tanda penduduk dan lain – lain.
  4. Rencanakan ditempat siapa kamu akan menetap sementara waktu. Pertimbangkan dimana nantinya kalian akan menetap sementara waktu sebelum benar – benar menemukan kos.Usahakan meminta pertimbangan keluarga, tentang tempat yang akan kamu tinggali sementara waktu dan bila disetujui kamu hendaknya menghubungi mereka sejak jauh – jauh hari, agar kawan atau keluarga kalian mengetahuinya.
  5. Bawalah barang – barang utama yang sangat diperlukan. Sebelum berangkat daerah tujuan kalian, persiapkan barang barang – barang adik – adik, namun utamakan yang penting saja. Bawalah pakian, sepatu,tas atau jika kalian memiliki gangguan kesehatan bawalah obat – obatan.Jika kalian berencana menggunakan kendaraan pribadi saat ke kampus, maka kamu bisa meminta keluarga agar nantinya mengirimnya, sesudah kamu beberapa saat berada didaerah tujuan kalian. Hal ini dimaksudkan agar kalian mampu menyesuaikan diri dengan aktivitas dan keadaan lalu lintas dikota tersebut. Pertimbangkan dan persiapkan dana yang cukup untuk membeli barang – barang kebutuhan kos, transportasi dan  keuangan untuk mendaftar ke kampus.
  6. Persiapkan fisik dan mental. Mental akan diuji, fisik akan ditempa dan yang terpenting kalian akan belajar menjadi lebih dewasa. Suasana baru menanti kalian, dan tawaran menjadi pribadi sukses dalam kuliah mungkin juga karier ada dihadapan kalian. Tanamkan pemikiran postif dan jadilah pribadi yang mau menjemput harapan positif.

Akhirnya kalian akan siap untuk mengenyam pendidikan diluar pulau. Selamat mencoba mempraktekan tips ini dan semoga berhasil. Akhir tulisan ini penulis menitip pesan PERGI SATU, PULANG SATU....DIHARAPKAN JANGAN DUA..hehehe.GBU












0 Response to "TIPS – MELANJUTKAN KULIAH DI LUAR PULAU"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel