Cara Belajar Efektif Dan Efisien Di Rumah Dan Sekolah.Dijamin Menyenangkan

Terus Belajar
Cara Belajar Efektif Dan Efisien Di Rumah Dan Sekolah - Mungkin sebelum ini anda pernah membaca atau mendengar kata - kata ini 

"Belajar Bukan Satu - Satunya Tujuan Hidup Kita,Tetapi kalau itu saja kita tidak sanggup  Atasi,Lantas Apa Yang Akan Kita Capai"

Kata - kata motivasi ini di ucapkan oleh Sim Changmin anggota duo pop asal Korea selatan TVXQ! sengaja penulis paparkan buat para pembaca sekalian,khususnya buat para siswa sekolahan yang kebetulan singgah membaca tulisan ini.

Ok..kita lanjut.


Setiap siswa tentuhnya berharap mendapat nilai yang bagus di Sekolah.Harapan itu bisa menjadi kenyataan,dan bisa juga sirna.Menjadi nyata jika sanggup belajar dengan cara - cara yang efisien dan efektif,dan sebaliknya menjadi sirna jika malas tahu,atau tidak mau tahu sama sekali tentang cara -caranya.

Jangan dulu berlalu dari tulisan ini,karena akan dikupas tuntas..tas ..tas tentang apa itu belajar?Bagaimana cara belajar efektif dan efisien di rumah dan sekolah.

Belajar adalah kegiatan optimal dari yang tidak tahu menjadi tahu dan dari yang tidak mengerti menjadi mengerti.

Lebih lanjut menurut ilmu psikologi pendidikan,konsep dasar belajar menggunakan unsur fundamental pada setiap jenis dan jenjang pendidikannya.Proses belajar memegang peran penting seseorang siswa berhasil atau tidak dalam pendidikannya.

Next

Cara belajar efektif artinya,cara belajar yang sesuai dengan kondisi personal orang itu,dari segi (bukan segitiga sama sisi atau segitiga sama kaki ya!) tapi dari segi metode,pemanfaatan tempat sampai pemanfaatan waktu.

Lantas Bagaimana cara belajar yang efisien?

Cara belajar efisien adalah cara belajar yang meminimalkan usaha,tetapi tepat guna dan maksimal...ting tong!. 

Untuk diingat yang diminimalkan adalah:

Waktu

Sarana dan prasarana belajar,dan

Tempat belajar

Harapannya belajar jadi menyenangkan karena tidak butuh waktu lama,serta mampu menguasai materi yang dipelari.

Bagaimana? sederhana bukan?

Agar makin memahami penulis akan kupas tuntas cara belajar efektif dan efisien di rumah dan sekolah.Pastinya dijamin menyenangkan,hanya buat anda pembaca yang terhormat.

Langsung saja...

Bagian I

Cara Belajar Efisien Dan Efektif  Di Rumah

Temukan Gaya Belajarmu

Dengan mengetahui modalitas belajarmu,kamu dapat belajar sesuai ciri - ciri gaya belajarmu.

Jangan sampai terjebak memaksakann diri belajar dengan cara yang bukan gaya belajarmu.Itu sama saja "buang garam ke laut"

Buat Rencana Waktu Belajarmu

"Tanpa rencana,yang ada hanyalah bencana"

Mengingat gaya belajar setiap orang berbeda - beda,tentunya waktu yang nyaman beda-beda.Kenali jam - jam yang tepat untuk kamu belajar,dan buat jadwal tetap.Tegaskan diri untuk tidak "lari" dari jam belajarmu. 

Sediakan tempat Yang Nyaman

Nyaman artinya kamu menjadi akrab dengan tempat itu.Jika kamu nyaman belajar dalam ruangan yang tenang,maka ciptakan ketenangan.Sebaliknya jika kamu nyaman untuk belajar diluar ruangan,cari atau ciptakan suasana luar ruangan yang nyaman,tentunya sesuaii versimu.

Tetapkan Dan Fokus Pada Tujuan Khusus Di setiap Belajarmu

Mencari tau apa yang ingin diketaui merupakan tujuan khusus yang bisa kamu lakukan.Hindari menjadi "kutu loncat" dengan mencoba memahami beberapa hal dalam sekali belajar.
Isi ruang otakmu bertahap 

Hindari Cara Belajar Kebut Semalam

Berlebihan rasanya jika memaksakan diri,melampaui batas fisik dan mental untuk mencapai tujuan belajarmu.
Mendekati ujian misalnya,hindari untuk belajar dengan cara instan kebut semalam.Hargai  dirimu sendiri dengan membatasi diri mengenapi hal itu


Jangan Pernah Takut Bertanya,Atau Ditanyai

"Ketakuatan Bisa mengkerdilkan Pemikiranmu"

Pepatah lama,malu bertanya sesat di jalan,benar adanya jika anda melakukannya.Jika kesulitan dalam belajar cari jawaban dengan bertanya pada guru,sahabat atau orang tua.Jangan pernah bertanya untuk menguji orang yang jadi tempat anda mencari jawaban.

Ruang diskusi bisa menjadii pilihan realisitis untuk memulainya. 

Pada situasi anda malu bertanya karena kesulitan memahami suatu materi ketika belajar,maka bukan hanya sesat dijalan,mungkin juga bisa "sesat" di diniai anda.hehehe


Bagian II

Cara Belajar Efisien Dan Efektif  Di Sekolah

Disiplin Tepat Waktu Ke Sekolah

Bukan perkara mudah tepat waktu ke sekolah,namun memiliki niat yang kuat dan rasa tanggung jawab tinggi pada diri sendiri bisa menjadi awal yang menjanjikan.Tepat waktu masuk kelas,akan membuat anda siap sedia menerima materi dari guru anda.

Fokus Menyimak Materi Dari Guru

Agar pikiran anda tertuju sepenuhnya saat guru memaparkan materi,maka posisimu menentukan prestasi.Cari tempat duduk terdepan,agar kamu mampu mendengar dengan jelas,dan tentuhnya anda dapat melihat lebih leluasa segala sesuatu yang disampaikan guru-gurumu

Aktif Saat Proses Belajar Mengajar

Ambil bagian bertanya untuk mencoba mendapat pemahaman baru.Hindari sikap menganggukan kepala,walaupun sebenarnya kamu kurang paham,atau tidak paham sama sekali dengan apa yang disajikan.

Pada akhirnya kamu akan kritis,bukannya krisis pengetahuan 

Ambil Kesempatan Dalam Kekosongan Jam Pelajaran

Kunjungi perpustakaan,berdiskusi atau belajar mandiri sesuai modalitas  belajarmu bisa menjadi solusi saat jama pelajaran kosong.Inisiatif harus datang dari dalam dirimu dengan penuh kesadaran guna menyikapi situasi kekosongan itu.

Menunjukan inisiatif adalah hal yang positif karakter seseorang

  

Pada akhirnya lebih baik mencoba, dari pada tidak sama sekali,untuk melakukan cara - cara positif,yang dapat menghantar kita pada suatu keberhasilan.


Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Cara Belajar Efektif Dan Efisien Di Rumah Dan Sekolah.Dijamin Menyenangkan.Selamat mencoba 

0 Response to " Cara Belajar Efektif Dan Efisien Di Rumah Dan Sekolah.Dijamin Menyenangkan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel