7 Cara Sederhana Mengatasi Kecemasan Berlebihan,Dimulai Dengan Kerendahan Hati

Kecemasan Berlebihan

"Cemas Berlebihan Tidak Akan Mengubah Apapun,Kecuali Merusak Diri Sendiri"

Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik,termasuk cemas berlebihan.Mungkin saja saat ini anda merasa cemas dan cenderung mulai berlebihan, atau sekedar pingin tahu cara - cara apa saja yang dapat digunakan untuk mengatasinya? 


Pada tulisan ini,penulis menjanjikan cara sederhana,  dan yakinlah anda mampu  lakukan!

Dan jika anda tertarik, jangan alihkan pandangan dari tulisan ini.

Mari! selayang pandang mengenal pengertian kecemasan dan kecemasan berlebihan.

Kecemasan

Kecemasan merupakan hal yang wajar dan perlu dimiliki oleh manusia.Kecemasan berfungsi mengingatkan seseorang tentang adanya bahaya dari dalam atau dari luar dirinya.

Freud (dalam Alwisol,1995) menyatakan kecemasan adalah fungsi ego untuk memperingatkan individu tentang kemungkinan datangnya suatu bahaya,sehingga dapat dipersiapkan reaksi adaptif yang sesuai.

Kecemasan bisa menjadi berlebihan dan kondisi ini abnormal.


Kecemasan Berlebihan

Ketika kecemasan begitu sering,tanpa alasan yang kuat sampai mengambil alih kehidupan, maka anda telah mengalami gangguan kecemasan. 

Kecemasan berlebihan merupakan kecemasan yang berat dan biasanya disertai ketakutan yang berlebihan.


Seiring waktu berlalu,kecemasan yang berlebihan dipastikan dapat memberi dampak buruk semisalnya, menurunkan kinerja sampai memperburuk kehidupan pribadi.

Faktanya gangguan kecemasan merupakan sebuah bentuk gangguan mental dan makin kesini, makin banyak orang yang tidak tertolong.


Mudah lelah
Sulit fokus
Selalu gelisah
Mudah marah
Mengalami gangguan tidur
Merasa sakit hati,dan
Pusing

Ini merupakan gejalah kecemasan.berlebihan,dan merupakan bagian dari kecemasan umum.

Penyebab kecemasan berlebihan belum diketahui pasti,namun kecemasan berlebihan memiliki kaitan dengan gabungan beberapa faktor,antara lain:

Faktor genetik
Faktor lingkungan
Faktor psikologis

Tidak tertutup kemungkinan pendapatan ekonomi yang rendah turut berkontribusi menyebabkan kecemasan berlebihan.

Solusi mengatasi Kecemasan Berlebihan

Dalam dunia psikologi, mengatasi kecemasan berlebihan dapat menggunakan beberapa pendekatan seperti:

Psikoterapi
Terapi Perilaku Koginitif,dan
Terapi mengelola stres

Obat - otan dapat digabungkan dengan psikoterapi untuk membantu mengatasi kecemasan.Tentunya dalam pengawasan profesional.

Selain solusi profesional diatas, penulis menawarkan tujuh cara sederhana  untuk mengatasi kecemasan berlebihan, dan diawali dengan cara pertama yaitu menggunakan kerendahan hati 

Mengapa Dimulai Dengan Kerendahan Hati?

Mungkin anda mengenal Shawn Mendes yang baru saja mengeluarkan singel Senorita bersama rekan duetnya Camila Cabelo.Dikutip dari DetikHealth.com Mendes berusaha berdamai dengan gangguan kecemasan, dengan cara selalu rendah hati.

Mungkin kita tidak sepopuler mendes,namun memiliki masalah yang sama yaitu kecemasan yang berlebihan. 

Ketika Mendes telah mampu menilai diri sendiri dan mencoba rendah hati,anda mungkin masih terjebak untuk tetap mempopulerkan ego sehingga makin angkuh dan tidak mengakui bahwa sedang cemas berlebihan.

Semoga tidak demikian....

Kalaupun demikian ketahuilah bahwa kecenderungan untuk menilai diri sendiri, hanya datang dari dari seseorang yang rendah hati

Dikutip dari Tekno.Tempo.co   Jordan LaBouff kepala penelitian dari Departemen Psikologi University Of Maine menyatakan bahwa "orang rendah hati kerap memiliki pandangan yang akurat mengenai diri sendiri,dan nyaman dengan kondisi itu"

Peryataan ini dinyatakan,berdasarkan hasil penelitian ilmuwan dari Departemen Psikologi University Of Maine 

Ketika seseorang yang diliputi kecemasan berlebihan mampu menunjukan kerendahan hati, maka setidaknya orang itu telah menolong diri sendiri,untuk belajar menjadi menjadi terbuka pada orang - orang terdekat dan terpercaya serta mengajak mereka berbicara tentang penyebab kecemasan.

Setelah kerendahan hati menjadi cara pertama, maka penulis telah menyediakan cara - cara sederhana lainya yang dapat anda terapkan.

Ok,,penulis lanjutkan!

Berpikir Positif

Cemas buka milikmu semata, dan cemas berlebihan bukan tanpa solusi.Kata - kata ini semoga bisa memandu anda untuk mencoba berpikir positif.

Jika  anda masih ragu??

Faktanya banyak orang telah mencoba mengatasi kecemasan berlebihan mereka,dan banyak pula  yang berhasil.Mengapa anda tidak mau ambil bagian dan mencoba?.

Membiarkan perasaan cemas berlebihan menjadi lebih liar,sama saja anda mempercepat penderitaanmu. 

Lakukan Apa yang Anda Sukai

Jangan berdiam diri,membiarkan kecemasan berlebihan mengambil alih seluruh hidupmu.Buat dirimu aktif dengan kegiatan yang kamu sukai, seperti bernyanyi,atau jalan - jalan di alam terbuka.


Sibukan Diri Dengan Kegiatan Baru

Selain melakukan apa yang anda sukai,mencoba melakukan hal baru bisa membantumu mengatasi kecemasan.Tantang dirimu, lakukan hal baru sehingga ada kesenangan dan kebahagiaan baru atas apa yang kamu lakukan.

Jangan Lampiaskan Pada Alkohol,atau Obat Terlarang

Terjebak dalam kecemasan berlebihan lantas menjerumuskan diri lebih dalam sekedar berharap bisa melampiasnya, sama saja dengan "memindahkan kerumitan yang satu ke kerumitan yang lain"

Sedapat mungkin hindari, dan jangan pernah berpikir untuk melakukannya!

Berani Menghadapi Kecemasan

Semua orang pasti pernah cemas, dan mungkin saja sampai cemas berlebihan. Anda yang mencoba melampiaskan dan ada pula yang mencoba menghadapi.Ketika anda belajar menghadapi, maka anda memiliki pengalaman berharga dalam hidup.

Pengalaman akhirnya mendewasakan anda, dan pengalaman menghadapi kecemasan berlebihan akan membentuk anda sebagai pribadi yang "tahan banting". 

Kurangi Menggunakan Media Sosial

Ketika seseorang mengalami kecemasan berlebihan ada baiknya membatasi diri menggunakan media sosial.

Media sosial bisa membuat anda bukan siapa - siapa, dibandingkan orang lain, dan pada akhirnya anda bisa saja kehilangan harapan dan keinginan mengatasi kecemasan berlebihan itu.

Diakhiri dengan harapan,semoga tulisan ini bisa membantu anda dan terima kasih telah membaca artikel yang berjudul 


0 Response to "7 Cara Sederhana Mengatasi Kecemasan Berlebihan,Dimulai Dengan Kerendahan Hati"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel