APRIL MOB DAN DAMPAK HOAX DARI SUDUT PANDANG PSIKOLOGI

April Mob Dan Dampak Hoax Dari Sudut Pandang Psikologi

        Pada hari ini April mob banyak dirayakan oleh berbagai masyarakat diberbagai penjuru dunia. Terbuka kesempatan untuk melakukan praktek kebohongan,kesaksian palsu  dengan alasan bercanda. Sejarah April mop atau dikenal juga dengan istilah April fool's day  merupakan kebohongan yang dianggap sebagai tindakan tidak bersalah.Untuk diketahui bersama, awal mula terjadinya April mob memiliki sejarah yang berbeda - beda. Spanyol, Perancis dan Romawi memiliki cerita yang bervariasi untuk menjelaskan awal mula terjadinya April mob.Belum dipastikan kapan tepatnya April mob mulai dikenal di Indonesia.
       Penulis sendiri pernah menjadi korban dari keganasan tanggal 1 April.Kejadian ini terjadi ketika masih menempu pendidikan di perguruan tinggi di Surabaya, dimana pada tahun 2008 sehabis kuliah seorang kawan dari daerah yang sama dengan penulis mengabarkan bahwa ada kawan satu kos yang sedang dirawat di rumah sakit karena kecelakaan. Tanpa menunggu lama penulis mengambil pilihan langsung berlari ke RS dari tempat kuliah.Situasi saat itu tanpa menumpang kendaraan karena uang yang terbatas, dan diliputi rasa lapar dan terik matahari yang menyengat sepanjang perjalanan.Sampai disana ada dua kawan penulis lainnya yang mempunyai tujuan sama yaitu melihat kawan kos kami yang "katanya" dirawat di RS.Kami menanyai petugas RS namun jawaban dari petugas bahwa tidak ada nama yang kami maksud. Setelah seorang kawan diantara kami mencoba menelpon nomor dari kawan yang dianggap menjadi korban kecelakaan, kami mengetahui bahwa kondisi dirinya sehat - sehat saja dan yang bersangkutan ada di rumah saudaranya. Mendengar kabar tersebut baru kami sadari bahwa telah dikerjaiin dan teringat bahwa hari itu tanggal 1 April 2008.  
          Bisa pembaca bayangkan betapa jengkelnya kami bertiga. Ditengah  kelaparan melanda, terik matahari dan perjuangan  dengan berjalan kaki karena dana terbatas dan ketiadaan kendaraan, maka penulis dan kawan-kawan menumpakan kekecewaan kepada si pembawa pesan dengan umpatan umpatan "kebun binatang". Saat itu perbendaharaan kata penghuni kebun binatang terucap satu persatu dari mulut kami bertiga.Tidak ada rasa dendam karena hal itu sering terjadi pada kawan - kawan lain dikomunitas mahasiswa yang merantau di kota pahlawan yang berasal dari satu daerah yang sama dengan penulis. Pada akhirnya kami bisa memaafkan kawan yang telah menyesatkan kami dihari itu.Bagian kecil dari pengalaman yang bisa diceritakan pada anak dan cucu kami hari tua nantinya.
            April mob bisa memberi kesan negatif dan positif bagi korbannya, namun secara psikologis efek dari April mob bisa diantispasi oleh siapa saja dan kebohongan tentunya berlaku hanya dihari itu.Akan berbeda kisahnya jika hoax yang terjadi, walaupun kata kunci dari hoax dan April mob sama - sama adalah kebohongan. April mob dapat ditolerir jika kebohongan hanya disajikan pada orang - orang terdekat, tentuhnya dengan maksud menghibur tanpa harus mempublitasikan lewat media sosial apapun.Dampak psikologi dari hoax  mampu menyebabkan trauma psikologis secara langsung maupun tidak langsung. Kebohongan yang menyajikan soal kekerasan atau kecelakaan menimbulkan keresahan, takut dan cemas berlebihan. Bisa dipastikan bahwa hoax yang menyajikan kedua hal tersebut bisa membuat trauma bagi korbannya.
              Pada akhirnya sebagai masyarakat kita harus bergandeng tangan menekan penyebaran hoax, karena tujuannya jelas menyesatkan dan sudah seharusnya penyebar hoax mendapatkan hukuman yang berat.Semoga tulisan ini dapat berguna bagi orang banyak.

0 Response to "APRIL MOB DAN DAMPAK HOAX DARI SUDUT PANDANG PSIKOLOGI"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel