Arti Penting & Syarat Bermain Bagi Anak Usia Dini

     Salah satu kebahagiaan menjadi anak - anak adalah bermain,karena itu hak anak untuk bermain tidak boleh diambil dari kehidupan mereka.Bermain merupakan aktivitas nyata, karena melibatkan partisipasi aktif baik fisik maupun mental.Sering kita melihat disekitar kita anak - anak dipaksa untuk melakoni pekerjaan mengantikan tanggung jawab orang dewasa guna memenuhi kebutuhan hidup. Sungguh disayangkan, tapi itulah kenyataan.
      Anak usia dini merupakan peneliti yang ulung, oleh karena itu berikan dan ajarkan kebebasan bertanggung jawab pada mereka untuk melakukan penelitian sendiri lewat bermain.Bermain bagi anak usia dini mampu mengembangkan imajinasi, kreativitas, kemampuan memecahkan masalah dan meningkatkan keterampilan sosial. Kita semua pastinya sepakat masa anak usia dini adalah masa emas dan dikenal pula sebagai masa bermain.
    Bermain dapat pula menjadi terapi dalam kehidupan anak, karena ketika bermain anak akan merasa puas dan bereksperimen dengan lingkungan sekitar. Joan Freeman dan Utami Munandar (1996) mendefinisikan bermain sebagai aktivitas yang membantu anak mencapai perkembangan fisik,intelektual,sosial,moral dan emosional yang utuh. 
   Bermain bagi anak usia dini akan optimal bila syarat dalam bermain terpenuhi. pada kesempatan ini penulis akan memberikan gambaran tentang syarat - syarat bermain bagi anak, khususnya anak usia dini.
  1. Waktu bermain.Kesempatan dan waktu bermain yang cukup menjadi point penting, oleh karena itu berikan kesempatan pada anak untuk mencoba dan sediakan waktu agar anak mengelaborasi bahan main. Sangat disayangkan kalau ada pembatasan yang berlebihan, atau sebaliknya sebagai orang tua atau pendidik terlalu melonggarkan kesempatan bagi anak anak untuk bermain. Oleh karena itu waktu bermain perlu diatur.
  2. Tempat bermain.Lingkungan bermain anak harus diperhatikan, begitu pula suasananya.Ketika tempat bermain terpenuhi maka potensi anak dapat berkembang.Tempat bermain tidak harus ditempat yang mewah, disekitaran tempat tinggal kita atau di dalam kediaman kita dapat difungsikan menjadi tempat bermain bagi anak usia dini.
  3. Peralatan bermain.Anak memerlukan peralatan untuk bermain guna mendukung kegiatan bermainnya. peralatan bermain tidak harus yang mewah,bisa saja kita mengfungsikan bahan - bahan disekitar kita sebagai peralatan bagi anak usia dini untuk bermain.
  4. Teman bermain.Anak membutuhkan teman untuk bermain,dan membantu mereka untuk mengembangkan kemampuan bersosialisasi. Membatasi anak untuk bermain dengan teman - temannya artinya kita menuntup kemungkinan anak mengenal orang lain.
  5. Aturan bermain.Aturan dimaksudkan agar anak memahami tata tertib yang harus ditaati selama mereka bermain. Sebagai orang tua atau pendidik tentunya memiliki aturan yang harus ditaati dari segi durasi bermain, atau alat apa yang dapat digunakan untuk bermain.
   Pada akhirnya bermain adalah kebutuhan anak, berikan kesempatan niscaya mereka akan tumbuh dan berkembang sebagai pribadi yang unggul.Semoga informasi ini dapat berguna dan terima kasih.

0 Response to "Arti Penting & Syarat Bermain Bagi Anak Usia Dini"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel