Dampak Relasi Psikologi Ayah Pada Anak Perempuannya Yang Begitu Istimewah

Dampak Relasi Psikologi Ayah Dan Anak Perempuannya


Ketika menemukan ide untuk membuat tulisan dengan judul ini, rasanya ada kebahagiaan tersendiri bagi penulis. Hal ini bukan tanpa alasan, karena pada faktanya penulis mulai merasakan ada kedekatan secara psikologis dengan anak perempuan penulis.

Memiliki anak perempuan,bagi seorang ayah ibarat mendapat "pacar baru".Mungkin peryataan ini berlebihan,namun penulis merasakannya.

Hubungan ayah dan anak perempuannya memiliki nilai sakral tersendiri.Meskipun  anak perempuan tersebut memiliki banyak saudara laki - laki disekelilingnya,ayah adalah figur yang tidak tergantikan.

Menjadi sangat buruk atau sebaliknya, hubungan antara ayah dan anak perempuannya, kembali lagi pada bagaimana cara seorang ayah memainkan perannya.

Mungkin para pembaca mulai bertanya, apa dampak relasi psikologis yang membuat hubungan ayah dan anak perempuannya begitu istimewah?

Hubungan ayah dan anak perempuannya tidak tergantikan karena dalam kehidupan ini, anak perempuan senantiasa beranggapan bahwa ayah adalah pria pertama dalam kehidupannya. 

Berikut adalah dampak relasi psikologis yang keduanya begitu istimewah


  1. Cinta seorang ayah pada anak perempuan melebihi siapapun didunia ini.Memiliki seorang perempuan bagi seorang ayah, membuat sikapnya menjadi proaktif untuk memastikan kenyamanan buah hatinya.Ayah akan berusaha tanpil menjadi orang pertama yang memberikan perlawanan ketika anak perempuannya tersakiti.
  2. Kasih sayang seorang ayah bisa mengatasi kesepian anak perempuan.Peneliti dari Ohio State university membuktikan bahwa anak perempuan yang kurang memiliki kedekatan dengan ayahnya, cenderung dirundung kesepian hebat.Lebih lanjut ditekankan oleh para peneliti ayah berperan penting melindungi dan mejauhkan kesepian dari anak perempuan.
  3. Membuat anak perempuan menjadi wanita yang kuat dan percaya diri. Anak perempauan yang tumbuh dan berkembang dalam kedekatan dengan ayahnya akan memiliki ketangguan menjadi wanita yang kuat dan percaya diri. Diperlukan contoh teladan dari figur ayah, sehingga anak perempuannya mampu belajar banyak pada sosok ayah demi kehidupannya kelak.
  4. Mendukung citra diri anak perempuannya.Ayah yang memiliki keterlibatan dengan putrinya akan mendukung cirta diri sang anak dan mengurangi kemungkinan anak perempuan menjadi rendah diri.
  5. Tidak mudah stres.Ketika sejak kecil hubungan ayah dan anak perempuannya begitu dekat, maka dikemudian hari akan menciptakan anak perempuan yang tidak gampang stres.
  6. Menciptakan anak perempuan yang mampu memimpin dalam lingkungan sosialnya. Linda Nielsen seorang profesor psikologi pendidikan dibidang anak dan remaja  dalam penelitiannya tentang dampak kedekatan ayah dengan anak perempuan, menyatakan bahwa seorang ayah yang terlibat aktif dalam setiap kegiatan anak perempuannya akan membuat anak perempuan tumbuh menjadi pemimpin dalam lingkungan sosialnya.
Betapa istimewahnya kedekatan ayah dengan anak perempuannya.Semoga tulisan ini mampu memberikan informasi yang berguna bagi kita sekalian. Salam hormat bagi semua ayah di muka bumi ini.

0 Response to "Dampak Relasi Psikologi Ayah Pada Anak Perempuannya Yang Begitu Istimewah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel