Fenomena Kecanduan Game PUBG Dan Solusi Psikologi

   
   
https://biropesona.blogspot.com/2019/03/fenomena-kecanduan-game-pubg-dan-solusi.html
Player Unknown's Battlegrounds (PUBG) merupakan game yang telah mencapai kepopuleran dikalangan para gamer. 

Perbincangan seputar permainan ini telah menyita perhatian berbagai kalangan masyarakat di beberapa negara.

Otoritas negara India telah mengecam PUBG dengan alasan bahwa game ini telah membawa nilai negatif seperti kebencian, balas dendam dan kekerasan. 

Gujarat merupakan negara bagian pertama di India yang telah melarang game PUBG dimainkan di sekolah - sekolah.

Fenomena Kecanduan Game PUBG 

Seorang pelajar di kota Alexandria di negara Mesir berusia 16 tahun menikam seorang guru wanita hingga tewas. 

Kejadian ini berlangsung ketika siswa tersebut sedang mengikuti les privat dan menurut pengakuan siswa tersebut dirinya meniru karakter - karakter dalam PUBG yang sering dirinya mainkan. 

Perusahaan bernama Tencent di China yang merupakan pengembang game PUBG mobile telah mengembangkan fitur digital lock yang memungkinkan orang tua di negeri tirai bambu itu memiliki kontrol untuk mengizinkan anak - anaknya bermain game atau tidak, khususnya pada buah hati mereka yang berada di bawah usia 13 tahun.

World  Health Organization (WHO) merupakan satu badan PBB yang bertindak sebagai koordinator kesehatan umum internasional menyebutkan bahwa kecanduan game sebagai kondisi kesehatan mental terbaru.

Lebih lanjut ditegaskan oleh WHO kecanduan game sebagai gangguan mental yang dapat ditemukan dalam international classification of diseases edisi ke 11 yang diterbitkan pada 18 Juni 2018. 

Menurut WHO diperlukan kesadaran bagi setiap orang yang bermain game, bahwa kecanduan game merupakan kondisi aktual.

International Classification Of Diseases (ICD) edisi ke 11 merupakan revisi dari ICD 10 yang terbit tahun 1990. Lebih lanjut dalam ICD 11 dijelaskan ciri - ciri kecanduan game adalah pola perilaku bermain game terdiri atas 3 point yaitu
  1. Ketidak mampuan individu untuk mengendalikan keinginan bermain game
  2. Mengutamakan bermain game dari pada minat pada kegiatan lain.
  3. Individu merasa tidak bisa berhenti bermain game, meski dampak negatif jelas terlihat

Terapi Psikologi Membantu Pecandu Game

Seorang gamer PUBG yang mampu mengendalikan  perilakunya untuk tidak berlama - lama asik dengan game, memiliki kesempatan untuk tidak kecanduan game.

Hal itu dapat diwujud nyatakan lewat usaha membatasi diri untuk tidak terpapar konten negatif game PUBG dalam kurun waktu yang panjang.

Solusi lain berupa terapi - terapi yang mampu membantu pecandu game PUBG, antara lain

  1. Terapi Kognitif Perilaku. Pada terapi ini, pecandu game PUBG akan diajak berbagi pikiran, mengenali permasalahan dari akibat bermain game PUBG dan membantu mencari jalan keluar berdasarkan masalah yang dialami.
  1. Terapi Wilderness. Terapi ini akan mengajak individu yang kecanduan game PUBG untuk menghabiskan waktu ditempat yang bebas dari sumber gangguan dan menjauhkan mereka dari alat - alat yang memungkinkannya mengakses game PUBG
  1. Terapi Rehabilitasi. Terapi ini menekan rawat inap,dimana akan disertakan konseling kelompok maupun individu dengan suasana yang nyaman dengan harapan individu yang kecanduan game PUBG akan termotivasi menghilangkan kecanduannya.
Demikian gambaran tentang fenomena kecanduan game PUBG dan  solusi psikologiuntuk membantu para pecandu. Semoga tulisan ini dapat berguna.Terima kasih

Baca JugaRenungan Psikologi : Sindiran Terhadap Kondisi Sosial Lingkungan Kita Dari Kisah Dr William C Minor Di Film The Professor And Madman

0 Response to "Fenomena Kecanduan Game PUBG Dan Solusi Psikologi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel