Psikolog Dan Psikiater Berbeda Penanganan,Satu Tujuan.Mari Kenal Lebih Jauh

Psikolog Dan Psikiater


Banyak orang awam yang kesulitan membedakan psikolog dan psikiater.Faktanya ada yang terjebak dalam kesulitan,namun ada yang mencoba keluar dari kesulitan dengan bertanya.

Apa perbedaan psikolog dan psikiater? akan menjadi pembuka untuk pertanyaan lain seperti,apa perbedaan latar belakang pendidikan? dan bagaimana bentuk penanganan? dari dua profesi ini.

Penulis telah menyediakan jawaban dan mempertegasnya dalam bentuk tulisan yang berjudul Psikolog Dan Psikiater Berbeda Penanganan,Satu Tujuan.Mari Kenal Lebih Jauh.

Latar Belakang Pendidikan

Menjadi Psikolog harus memiliki latar belakang pendidikan S2 profesi psikologi.dan sebelumnya telah menyelesaikan pendidikan S1 Psikologi.

Artinya pendidikan yang Linear merupakan keharusan.

Baca Juga:


Seorang Psikiater harus menempuh pendidikan kedokteran, mendapat gelar dokter umum, mengambil pelatihan residensi khusus dibidang psikiatri sampai mendapat gelar spesialis kedokteran jiwa.

Apakah alur pendidikannya kedua profesi ini rumit?

Faktanya rumit jika dipikirkan,namun berbekal doa dan usaha niscaya anda bisa jadi bagian dari salah satunya.

Beda Penanganan

Psikologi menyebut pengguna jasa dengan sebutan klien,sedangkan psikiater menyebutnya pasien.

Psikolog memberikan penanganan seputar konsultasi dan terapi psikologi ringan yang memfokuskan pada usaha menghubungkan masalah, dan pola pikir klien semisalnya membolos,kenakalan remaja,motivasi kerja,kepuasan kerja, dan lainnya.

Psikiater biasanya menangani masalah yang melibatkan keterkaitan psikologi yang lebih berat semisalnya depresi, delusi atau halusinasi dengan membuka sesi terapi dan karena merupakan seorang dokter, maka psikiater dapat membuat resep obat, merekomendasikan check-up  umum seperti pemeriksaan fisik maupun laboratorium.

Seorang psikolog berbekal ijin praktek dapat membuka biro konsultasi pribadi, memiliki alat tes psikologi, menggunakan dan menginterpretasikannya kepada klien yang menggunakan jasanya.Pentingnya tes psikologi bagi pendidikan meraih prestasi merupakan bentuk kontribusi profesi ini.

Satu Tujuan

Kedua profesi ini sama -sama menangani kejiwaan manusia karena sama - sama  belajar ilmu kejiwaan dan perkembangan manusia .

Konsentrasi praktek yang sama pula, membuat kedua profesi ini dapat melakukan pencegahan, diagnosa maupun penyajian terapi.

Hal ini diperkuat dengan penyataan Direktur American Psychological Association C Vaile Wright, PhD yang menyatakan bahwa psikolog dan psikiater bisa memberikan diagnosis penyakit atau gangguan.

Lebih lanjut Vaile menyatakan psikolog mendiagnosis masalah yang dialami pasien lewat kepribadian, tingkah pola, perilaku dan kebiasaan, cara berbicara, dan lewat cerita yang disampaikan klien.

Sementara psikiater lewat ilmu kedokteran fisik,termasuk kerja otak dan saraf manusia.


Kedua profesi saling mendukung satu sama lain dan dalam praktek sehari - hari sering terjadi kerjasama erat diantara mereka.Seorang psikolog dapat merekomendasikan kliennya untuk mendapatkan pelayanan psikiater tergantung masalah dan dari aspek mana yang menjadi prioritas.

Ketika penanganan masalah membutuhkan obat - obatan, maka psikiater menjadi tempat yang tepat.


Semoga informasi sedehana tentang Psikolog Dan Psikiater Berbeda Penanganan,Satu Tujuan.Mari Kenal Lebih Jauh dapat berguna bagi anda. Terima kasih

0 Response to "Psikolog Dan Psikiater Berbeda Penanganan,Satu Tujuan.Mari Kenal Lebih Jauh"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel