[ Terbukti ] 5 Cara Mendidik Anak Tunggal Supaya Lebih unggul, Mudah Bergaul Dan mandiri

https://biropesona.blogspot.com/2020/04/5-cara-mendidik-anak-tunggal.html
Apakah sobat memiliki anak tunggal? atau terlintas harapan kelak. Jika itu ada padamu atau masuk rencanamu, tulisan cara mendidik anak tunggal tawaran buatmu. 

Mari simak vidio berikut ini 
Vidio curahan hati diatas berbanding lurus dengan prasangka negatif yang sering dialamatkan pada anak tunggal, misalnya anak tunggal itu sulit bergaul, kurang mandiri atau terkesan manja.

Hemmz..sampai disini kita buat garis batas.

Prasangka milik mereka yang sesat mikir karena minim fakta dan data, sedangkan kebenaran miliki sobat, karena sudah berada ditulisan ini.☺☺

Penelitian dilakukan Hunyi Yang dan Xin Hou yang diterbitkan dalam jurnal berjudul Brain Imaging And Behavior  di dalamnya dijelaskan bahwa anak tunggal cara berpikirnya lebih luwes, sehingga berpotensi lebih kreatif.

Anak tunggal lebih menghargai pertemanan dan biasanya teman dianggap saudara sendiri. Walaupun  ada segelintir anak tunggal yang menarik diri dari lingkungan sosial, tetapi diwaktu yang sama mereka tumbuh menjadi anak yang kreatif.

Selain itu anak tunggal memiliki ikatan emosi yang erat dengan ayah dan ibunya. Mengapa demikian?. Karena fokus orang tua teruntuk buah hati semata wayangnya. 

Yang lain...." lewat"

Menurut jurnal ilmiah yang diterbitkan dalam situs Child Development, anak tunggal cenderung lebih pintar karena semua fasilitas penunjang dihadirkan oleh orang tua secara maksimal.
 
Ko tidak percaya, baca saja tulisan berjudul sering dicap manja, dan egois ini lima fakta tentang anak tunggalJadi keluarga dan lingkungan sosial memiliki peran penting dalam menjadikan anak tunggal lebih baik.

[Terbukti] 5 Cara Mendidik Anak Tunggal Supaya Lebih unggul, Mudah Bergaul Dan mandiri

Berpijak pada penjelasan tentang fakta - fakta seputar anak tungal diatas, maka penulis mencoba menawarkan hal - hal berikut ini agar anak tunggal sobat tampil lebih unggul.

Dukung Anak Bermain Dan Beri Kesempatan Eksplorasi

Dukungan disini bukan hanya menyediakan sarana bermain anak, tetapi sebagai orang tua harus memberi kesempatan anak bermain dengan teman sebayanya.

Jangan batasi anak menjelajah ketika bermain, tetapi infokan apa saja yang berbahaya dan sebaliknya.

Sadar bro..Bermain itu hak anak

Ajarkan Tata Krama Pada Anak

Untuk yang satu ini harga mati. Mau jadi baik, sajian pembukanya harus tata krama. Adap rendah, sirna harapan untuk  menjadi mulia.

https://biropesona.blogspot.com/2020/04/5-cara-mendidik-anak-tunggal.html

Ajaklah anak tunggal untuk mulai menghormati dirinya sendiri dan orang lain, misalnya memanggil orang yang lebih tua dengan sebutan yang pantas. Intinya sesuaikan dengan kebiasaan dimana sobat berada.

Jangan Memanjakan Anak Berlebihan

Memiliki anak tunggal, semua perhatian orang tua tertuju pada buah hati. Namun, sebagai orang tua atau calon orang tua sobat hendaknya tidak terjebak untuk memenui keinginan anak, tetapi utamakan kebutuhan anak.

Memanjakan anak tunggal secara berlebihan seperti menggenggam pasir sobatku.

Ajarkan Anak Berempati
Mengapa hal ini perlu diajarkan pada anak tunggal?

https://biropesona.blogspot.com/2020/04/5-cara-mendidik-anak-tunggal.html
Ya cara pandang orang diluar masih beranggapan anak tunggal itu egois, dan kehidupan hanya seputar dirinya saja.

Jika kita ingin membalikan cara pandang yang sesat itu, sekaligus menjadikan anak tunggal kita unggul maka tidak ada salahnya melibatkan anak dalam kegiatan amal, ajak buah hati menghadiri kedukaan, atau perkenalkan peran orang lain  dalam hidupnya.

Terkait pengajaran tentang empati, penulis yakin masih ada jejak yang belum terhapus dari dirimu sobat selaku orang tua.
 
 So....berikan pengajaran itu dan bagun empati anakmu.

Jadikan Dirimu Contoh Terbaik, Lantas Tawarkan Pada Buah Hati

Semua yang penulis uraikan diatas, akan menguap begitu saja jika sebagai orang tua kita tidak memulainya terlebih dahulu.

Jika kita ingin anak tunggal kita menjadi lebih unggul, maka sebelum menerapkan cara mendidik anak tunggal diatas, hendaknya kita harus jadi orang pertama yang bersikap.

Apalah artinya mendukung anak bermain dan bereksplorasi, jika kiri kanan rumah kita adalah orang asing.

Apalah guna sopan santun jika terhadap pasangan sumpah serapah adalah sajian pembuka ketika pertengkaran berlangsung.

Semua akhirnya kembali pada kita selaku orang tua 

Kesimpulan 

Mendidik anak tunggal bukan perkara mudah, tetapi penulis yakin dengan cara yang selama ini sobat terapkan dan sedikit penjelasan diatas, maka anak tunggal sobat bisa lebih unggul dari hari ke hari.

Perhatikan hak hidupnya, beri kebebasan bertanggung jawab dan jadilah contoh pertama dalam kehidupannya.

Terima kasih telah singgah sejenak di tulisan singkat yang berjudul [ Terbukti ] 5 Cara Mendidik Anak Tunggal Supaya Lebih unggul, Mudah Bergaul Dan mandiri

Baca Juga: 
Dampak Relasi Psikologi Ayah Pada Anak Perempuannya Yang Begitu Istimewah
Ayo kenali Psikologi Perkembangan Anak Diusia SD

2 Responses to "[ Terbukti ] 5 Cara Mendidik Anak Tunggal Supaya Lebih unggul, Mudah Bergaul Dan mandiri"

Anonymous said...

Memberikan contoh adalah faktor utama sih, tau sendiri anak-anak merupakan peniru yang baik, apa yang dia liat akan ditiru, mungkin itu salah satu faktor utama dalam mendidik. Terlepas dari banyaknya sudut pandang dalam mendidik anak.

Esa MBF said...

Setuju gan. Kita juga dapat menyimpulkan mana cara efektif dalam mendidik anak dari sikap orang tua kita, mengajarkan kembali sikap mereka yang baik baik, serta memperbaiki sikap yang dirasa kurang baik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel